Pakar ekonomi Prof. Dawam Raharjo menyatakan, koperasi merupakan sistem ekonomi masa depan meskipun perkembangannya harus melalui berbagai tahapan. Koperasi adalah sistem ekonomi masa depan, Jadi berkembangnya harus melalui tahap-tahap tertentu., sehingga tidak benar jika koperasi nantinya akan menjadi museum, katanya disela-sela Seminar sehari ” Agenda Politik Kesejahteraan dan Penguatan Politik Kesejahtearaan dan Penguatan Kemandirian Koperasi ”  di Purwokerto.

Seminar yang diselenggarakan Bae Coorperative Inspiring Purwokerto ini dalam rangka menyongsong Tahun Koperasi Internasional 2012 ( 2012 International Year of Cooperative ).

Lebih lanjut Dewan mengatakan, dalam tiori koperasi juga harus melalui tahap kapitalisme. ” Sosialisme juga seperti itu. Kalau Sosialisme itu melompat atau tahu-tahu terbentuk, itu akan jatuh seperti di Rusia . Harus melalui tahap tertentu ” kata dia yang juga Rektor Universitas Proklamasi 45 ( UP 45 ) Yogyakarta.

Ia mengatakan, peningkatan ekonomi pasar, ekonomi produksi maupun meningkatnya pendidikan masyarakat merupakan landasan baru bagi pertumbuhan koperasi.

Oleh karena itu kata dia koperasi merupakan sistem ekonomi pasca kapitalis. Jadi abad ke 21 ini adalah era koperasi. Kalau PBB ( Perserikatan Bangsa-Bangsa ) mencanangkan tahun 2012 menadi tahun Koperasi , itu sudah benar . Artinya menyongsong datangnya ekonomi koperasi , katanya.

Disinggung mengenai koperasi di Indonesia, dia mengatakan, saat ini berada dalam satu sitem atau lingkungan yang belum kondusif terhadap perkembangan koperasi . ” Misalnya seperti ini , koperasi harus beranggotakan orang-orang yang mempunyai pendapatan tinggi sehingga ia bisa menabung. Kalau orang itu masih miskin, bagaimana dia menabung. Kalau orang tidak bisa menabung, koperasi tidak bisa berkembang, ” kata dia menjelaskan.

Menurut dia orang-orang akan berkoperasi jika pendapatannya meningkat sehingga hal ini merupakan landasan bagi  pertumbuhan koperasi. Terkait hal itu , dia mengatakan , pemerintah perlu meningkatkan pendidikan koperasi pada masyarakat.

Pendidikan ini termasuk manajemen Koperasi . Bagaimana koperasi itu bisa berperan diarena pasar, harus kompetitif, dan koperasi juga harus memegang prinsip – prinsip atau  nilai koperasi katanya. ( Tabloid Forum Koperasi )