KOPERASI GRESIK DIUNGGULKAN

Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) mewakili Jawa Timur sebagai calon nominasi 300 koperasi besar dunia versi International Cooperative Alliance (ICA). Kabid Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Jatim Ningky Pusponegoro mengatakan KWSG merupakan koperasi terbesar dari 28.766 koperasi yang terdapat di Jatim, terutama dari sisi omzet melalui kegiatan usaha di sektor riil.

Sejumlah koperasi lainnya di Jatim juga dapat dikategorikan besar, baik jumlah anggota yang dihimpun maupun omzet, tetapi umumnya bergerak di usaha simpan pinjam.

“KWSG merupakan bagian dari 10 calon koperasi dari beberapa provinsi di Indonesia yang dinominasikan untuk masuk daftar 300 koperasi besar dunia. Yang mencalonkan Kementerian Koperasi dan UKM,” ujarnya kemarin.

Anggota ICA mengadakan pertemuan tahunan di Ottawa, Kanada, pada 17-19 Oktober 2011 guna memilih 300 koperasi besar dunia yang ditetapkan tahun de-pan.

Salah satu persyaratan untuk masuk daftar 300 koperasi besar dunia adalah memiliki omzet USS700.000 per tahun atau setara Rp6 miliar.

Kementerian Koperasi dan UKM telah mendata 10 besar koperasi sebagai calon sementara yang dinominasikan masuk jajaran 300 besar dunia.

Koperasi tersebut berlokasi di DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat dan Bali. Dari persyaratan ICA tentang omzet, KWSG diketahui dapat masuk jajaran koperasi elite dunia.

Hasil rapat anggota tahunan (RAT) koperasi itu pada 2010 membukukan omzet Rpl ,19 triliun dengan sisa hasil usaha (SHU) Rp20,73 miliar.

Omzet 2009 tercatat Rpl,167 triliun dan SHU Rpl 7,91 miliar. Pendapatan terbesar diperoleh dari usaha pendistribusian semen.

Anggotanya berjumlah 5.819 orang terdiri dari karyawan PT Semen Gresik (Persero) Tbk serta anak perusahaan BUMN tersebut seperti PT Swabina Gatra, PT Cipta Nirmala, PT Varia Usaha, PT Waru Abadi, PT Swadaya Gatra.

Sumber : Bisnis Indonesia