[Patricia Simatupang, 25210326, 1EB11]

Produsen sepatu Indonesia optimis dapat meningkatkan ekspor ke dunia internasional. Hal ini dikarenakan situasi bahan baku yang semakin membaik dan infrastruktur industri yang mendukung.

Hal ini disampaikan Konsultan Sepatu Internasional, Peter Kern, saat konferensi pers Pameran Sepatu Internasional Global Shoes, di Nori Room, JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (28/4/2011).

“Indonesia telah menjadi industri sepatu yang berpengaruh di dunia. Kalau bisa, tingkatkan dan perbaiki keunggulannya mengingat ketatnya persaingan karena peraturan antidumping dari Uni Eropa dan China,” ungkapnya.

Maka dari itu, pengusaha sepatu Indonesia diimbau untuk ikut berpartisipasi dalam pameran Global Shoes yang akan diselenggarakan di Dusseldorf, Jerman pada 7-9 September mendatang.

Acara yang tahun ini mengambil tema Global Shoes 2011 Leading Trade Show for Sourcing akan menghadirkan 420 perusahaan dari 25 negara di dunia yang akan memamerkan koleksi sepatu mereka.

“Selama bertahun-tahun Global Shoes menjadi cara berkomunikasi dan platform pemesanan bagi pengusaha yang ingin bertransaksi dalam jumlah besar,” ungkap Senior Project Manager Global Shoes Marcus Mullers.

Sekadar informasi, jumlah ekspor sepatu Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2006 jumlah ekspor sepatu sebesar 562,5 juta pasang dan meningkat pesat semenjak 2009 yang mencapai 577,5 juta pasang. Sementara di 2010, Indonesia mengekspor 585 juta pasang sepatu dan 18 juta pasang di antaranya dikirim ke Jerman.

Sumber : http://www.detikfinance.com