Bisnis menjanjikan berbagai manfaat yang menarik bagi pelaku bisnis, tidak hanya dari segi financial tetapi juga dari segi sosial. Namun bisnis juga menjanjikan pengalaman hidup yang sangat berharga walaupun hasilnya bisa positif dan negatif
Tuntutan ekonomi dan gaya hidup membuat banyak orang ingin bekerja lebih giat lagi untuk mendapatkan segala yang diinginkan, contohnya, memiliki usaha atau bisnis sendiri.
Sejumlah pelajar sudah memiliki keinginan untuk berbisnis bahkan mungkin didalam jiwanya sudah terdapat bakat untuk memasuki dunia bisnis. Namun yang sering menjadi pokok masalahnya adalah; mencari bisnis apa yang akan dijalankan.

Sebagai calon pelaku bisnis pastinya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa definisi dari kata bisnis itu sendiri, meskipun tidak secara rinci tapi setidaknya kita paham mampu menjelaskan bila ada yang bertanya kepada kita.

Di bawah ini ada beberapa pandangan bisnis dari beberapa pakar ahli kita;

~ Mahmud Machfoedz
Definisi adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan meproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan cara memadukan 4 macam sumber daya, yaitu;
• Sumber daya materi
• Sumber daya manusia
• Sumber daya keuangan
• Sumber daya informasi

~ Brown dan Petrello ( 1976 )
“Business is an institution which produces goods and services demanded by people”
Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh
masyarakat.
Apabila kebutuhan masyarakat meningkat maka bisnis pun meningkat atau berkembang
memenuhi kebutuhan tersebut dan bersamaan dengan itu pebisnis akan memperoleh
laba.

~ Steinford ( 1979 )
“Business is all those activities involved in providing the goods and service needed or
desired by people”
bisnis adalah aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diinginkan oleh
konsumen.
Bisnis dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum,
perusahaan yang memiliki badan usaha , maupun perorangan yang tidak memiliki
badan hukum atau badan usaha seperti contohnya; pedagang kaki lima, warung, dan
sebagainya.

~ Griffin dan Ebert ( 1996 )
“Business is an organization that provides goods or service in order toearn provit”
Bisnis adalah aktivitas melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk
menghasilkan profit ( laba ).
Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba jika total penerimaan sutau periode (
total revenues ) lebih besar dari total biaya ( total costs ) pada periode yang sama.
Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis. Melalui laba,
pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang
lebih besar.

~ Hughes dan Kapoor
“Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the
goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all
such efforts within a society or within an industry”
Bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan
menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat dan ada dalam industri.

~ Allan Afuah ( 2004 )
Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan
cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang
atau jasa yang diinginkan konsumen.

~ Glos, Steade, dan Lowry ( 1996 )
Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisasi oleh orang – orang yang
berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan
jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup
mereka.

~ Musselman dan Jackson ( 1992 )
Bisnis merupakan suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis
masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

Dari berbagai definisi dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan usaha yang terorganisasi untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan bisnis adalah menghasilkan profit ( laba ) yang kemudian laba tersebut digunakan untuk usaha meningkatkan laba atau perusahaan yang lebih besar lagi.

Berbagai manfaat bisnis untuk kepentingan diri sendiri maupun untuk kepentingan orang lain, dapat kita temukan melalui uraian dibawah ini ;

1. Pribadi
Dari bisnis yang kita jalankan, kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan terutama untuk diri kita sendiri, contohnya;

a. Latihan kemandirian diri
Mandiri itu perlu, tidak selamanya kita berada di posisi yang sama,dengan kehadiran orang – orang disekitar yang selalu siap membantu kita.
Bisnis pribadi membantu kita lebih mengenal dunia luar lebih luas lagi, kita akan mengerti betapa susahnya mencari uang. Dengan begitu kita akan lebih bisa menghargai uang dan jerih payah orang lain dalam mendapatkannya. Dan yang lebih penting lagi, bisnis pribadi dapat melatih kita dalam menghadapi tantangan bisnis sendiri dan menjadikan kita berpikiran dewasa dalam menyelsaikan permasalahan itu. Seiring berjalannya waktu, kemandirian kita akan semakin terbentuk.

b. Bersosialisasi dengan dunia kerja
Sosialisai dengan dunia kerja adalah hal yang penting, selain kecerdasan kognitif ( akademis ), kecerdasan emosional juga wajib dimiliki. Tanpa itu, orang yang memasuki dunia kerja riskan akan stress, frustasi, tertekan, dan sebagainya. Jika kita sudah terbiasa dengan dunia kerja maka kita akan menjadi pemenang dalam persaingan dunia kerja. Saat kita lulus dari tembok sekolah, kita sudah memiliki pegangan dan tujuan pasti apa yang akan kita lakukan dalam hari – hari selanjutnya.
Jika kita memilih jalur untuk bekerja dengan orang lain , kita juga sudah memiliki link menuju tempat kerja yang dicita –citakan. Jadi, setelah lulus sekolah tidak perlu kelabakan mencari pekerjaan apalagi menjadi pengangguran.

c. Lebih banyak beramal
Jika bisnis berjalan otomatis ada pemasukan ( terkecuali bagi yang menderita rugi ). Pemasukan yang kita terima sebaiknya tidak kita habiskan hanya untuk keperluan pribadi kita saja, kita harus ingat bahwa segala semua rezeki yang kita dapat adalah berkat karunia dari Tuhan yang memberikan kita rezeki. Rezeki yang kita dapat hanyalah titipan. Maka dari itu berbagilah dengan orang – orang di sekitar kita yang membutuhkan uluran tangan kita.
Dengan memperbanyak beramal, Tuhan yang memberikan rezeki kita juga akan mebukakan pintu – pintu rezeki bagi kita

d. Populer
Semakin banyak kita dan produk kita dikenal banyak orang akan semakin menguntungkan bagi bisnis kit. Bukan hanya untuk karir kita, melainkan juga untuk memperluas pergaulan kita,.

e. Learning by Doing
Kalau kita mau menjadi pebisnis sukses, jalan yang harus kita tempuh adalah menjalankan bisnis.
Jadikanlah dunia ini sebagai laboratorium paling komplit dan paling mendidik bagi kita.

2. Keluarga
Dengan menjalankan bisnis, kamu tidak hanya bisa meraup untung sendiri tetapi hasil yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk membantu perekonomian keluarga.
Banyak kisah inspiratif dari pebisnis terkenal yang justru berasal dari kalangan ekonomi sulit. Dengan jerih payahnya, keluarga yang dipandang sebelah mata karena status ekonominya yang rendah, menjadi terangkat dan keluar dari garis kemiskinan

3. Kelompok
Bisnis yang kita jalankan juga berguna bagi kepentingan kelompok, sebagai contoh ; bila ada rencana kegiatan kita bisa membantu dari segi pendanaan untuk membantu kegiatan tersebut.
Bila kita terlibat dalam pengurus kopsis di sekolah, kita juga dapat menjalin kerjasama dengan kopsis tersebut untuk menunjang kesuksesan bisnis kita. Sementara itu, kita juga dapat menyumbangkan sesuatu untuk kemajuan koperasi siswa tersebut.

Seseorang pelajar akan sukses menjadi seorang pengusaha yang sukses apabila di dalam dirinya ditanamkan beberapa pemikiran sebagai berikut ;

• Dream
Seseorang yang mampu menjadikan mimpi – mimpinya menjadi sesuatu yang nyata untuk kemajuan hidupnya. Menjadi pebisnis memang berawal dari sebuah mimpi, jalani mimpi agar apa yang kita inginkan bisa kita capai. Mimpi yang tidak di yakini dan tidak di jalani dengan sungguh – sungguh tidak akan menjadi seperti yang kita harapkan.

• Does
Seorang pebisnis harus cepat bertindak untuk mengiplementasikan keputusannya, semakin cepat semakin baik agar tidak hilang niatan untuk mewujudkan apa yang selama ini kita inginkan.
Memang tidak semudah apa yang kita impikan tetapi semua itu butuh perjuangan keras. Berawal dari sebuah mimpi tapi tahu cara mewujudkan mimpi – mimpi itu agar menjadi kenyataan dalam hidup kita.

Banyak hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengawali semuanya, sebagai contoh sederhana ;

a. pergi ke perpustakaan , untuk mencari pengetahuan bagaimana cara belajar menjadi bisnis pemula, dan kita juga bisa belajar memahami ilmu dasar bisnis agar benar – benar yakin dengan keputusan yang telah diambil.

b. Bertanyalah kepada orang yang sudah berpengalaman. “Pengalaman adalah guru yang paling baik” belajar kepada orang yang sudah berpengalaman tentang pahit manisnya dunia bisnis bisa kita jadikan poin positif.

• Decisiveness
Seorang pebisnis harus membuat keputusan dengan cepat dan tidak menunda – nunda pekerjaan adalah prinsip yang harus kita terapkan dalm kehidupan kita.
Setelah belajar dari buku – buku yang sudah dibaca, mempelajari ilmu bisnis, dan belajar kepada orang – orang yang sudah berpengalaman itulah contoh keputusan yang paling tepat yang telah kita ambil.
Jangan terlalu banyak memikirkan hal – hal lain karena semakin banyak yang dipikirkan itu menghambat langkah kita untuk melangkah maju. Semakin cepat kita mewujudkan apa yang sudah kita pelajari, semakin baik pula keputusan yang telah kita ambil.

• Determination
Seorang pebisnis “tidak mudah menyerah” itulah kunci yang harus ditanamkan dalam diri kita setiap saat. Seorang pebisnis memang harus siap dihadapkan dengan tantangan. Karena setiap langkah, setiap perjalanan waktu yang kita alami adalah tantangan yang harus dihadapi bukan dihindari.
Jangan hiraukan perkataan orang lain yang menganggap remeh kemampuan kita, anggap saja perkataan itu sebagai pemicu semangat agar kita lebih maju lagi.
Semua diciptakan oleh Tuhan, cuma kita harus tau cara untuk mengolahnya.

• Dedication
Seorang pebisnis harus memiliki komitmen dengan segala sesuatunya terhadap keputusan yang telah diambil dengan penuh keyakinan.
Dengan keputusan – keputusan yang telah kita ambil ini, dengan segala konsekuensi dan tanggung jawabnya harus kita yakini penuh juga.
Ingat ! usaha yang kita lakukan tidak akan semudah seperti yang kita bayangkan.

• Devotion
Sama seperti mencintai pacar, seorang pebisnis juga harus mencintai bisnisnya.
Dengan mencintai bisnisnya maka kita juga akan melakukan segala sesuatunya seperti yang kita lakukan dengan pacar kita.
Itulah jalan sederhana yang harus kita tanamkan dalam pikiran kitaasal masih dalam konteks yang wajar dan sederhana.

• Details
Seorang pebisnis harus memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap bisnisnya. Setiap langkah dan jalan yang kita ambil untuk memulai bisnis memerlukan kedetailan dan ketelitian.
Bisnis memerlukan perhatian dan kedetailan tinggi dalam setiap langkahnya agar tidak salah dalam mengambil jalan.
Jika yang kita salah ambil adalah; trik atau langkah dalam berbisnis dan kita kurang teliti dalam setiap detail langkahnya kita akan terjatuh dalam keterpurukkan.
Kita harus berhati – hati, bisa saja pada awal kita memulai bisnis kita bangkrut ataupun bisnis kita hancur hanya karena satu kesalahan kecil yang tidak kita perhatikan.

• Destiny
Seorang pebisnis harus dapat merasa menentukan nasibnya.
Memang benar kita harus percaya diriatas kemampuan kita, tidak ada yang bisa menetukan nasib kita selain kita yang mengubahnya. Kita harus tetap berusaha hingga kita tidak mampu lagi dan tidak tahu harus berbuat apalagi.
Seorang pebisnis memang harus mempunyai jiwa penyemangat seperti itu agar segala tantangan yang kita alami tidak membuat kita mudur perlahan.

• Dollars
Seorang pebisnis memandang uang bukanlah sebagai motivasi, karena motivator terbesar ialah Keberhasilan menggapai apa yang selama ini kita inginkan.
Janganlah takut untuk melangkah maju walaupun uang yang kita miliki sedikit, jangan terus berhenti ditengah jalan.
Terapkan dalam jiwa kita yang akan mulai siap memasuki dunia bisnis; uang bukanlah modal utama kita melainkan : niat, semangat, dan keberhasilan yang kita raih.

• Distribute
Seorang pebisnis harus membagi kepemilikan usahanya kepada orang – orang yang berperan besar dalam usahanya.

Prinsip – prinsip dasar seorang pebisnis ala orang Tionghoa menurut Dr Beny Bevly, adalah sebagai berikut :

a. Harus berani mencoba dan tidak takut gagal
jangan pikirkan kita akan mengalami keberhasilan atau kegagalan, yang penting adalah terus mencoba dan jalan terus. Karena “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”

b. Melakukan perencanaan
Dalam melakukan perencanaan kita harus memikirkan untung / rugi, berapa modal yang akan kita keluarkan, target penjualan, bagaimana cara memasarkannya, dan kapan kita akan mengalami balik modal.

c. Membina relasi dengan orang lain
Dalam membina relasi kita harus rela berkorban dalam hal mengeluarkan uang, contohnya; menjamu makan malam dengan calon relasi. Itu biasa dilakukan perusahaan – perusahaan besar kepada calon relasi mereka agar mau diajak bekerja sama dalam mengembangkan bisnisnya.

d. Kemampuan mengontrol administrasi dan inventaris
kita harus mencatat setiap kegiatan yang berhubungan dengan uang dalam kegiatan bisnis yang kita jalankan.

e. Kemampuan memasarkan
* memasrkan dengan orang – orang terdekat
* keliling / door to door
* buatlah brosur atau pamphlet
* promosi
* media online

f. Harus bisa mendelegasikan
kita harus mulai membina relasi dengan teman / orang yang sudah kita percaya sebagai teman relasi dalam bisnis yang kita jalankan.

g. Mendifersifikasi
difersifikasi adalah suatu keinginan untuk berusaha memenuhi semua keinginan pelanggan agar pelanggan tidak lari ke tempat lain.

h. Mengelola keuangan
proses melipat gandakan agar uang tersebut tidak habis / mati.

Tak perlu berpikir keras untuk memilih usaha yang akan kita lakukan, semua yang menjadi pilihan kita adalah pilihan yang baik, semua jenis usaha pada dasarnya berpeluang menjadikan seseorang sukses. Hanya saja semua itu tergantung bagaimana cara kita mengelolanya. Tak perlu memilih bisnis yang berskala berat ataupun menjiplak karya bisnis orang lain. Bisnis yang akan kita jalankan cukup berpatokan pada kebutuhan teman – teman, atau yang sedang tren dikalangan pelajar / mahasiswa.

Berikut ini ada beberapa ide usaha yang bisa dijadikan inspirasi ;

• Stiker

Berbagai pertimbangan yang dapat dipertimbangkan untuk memulai bisnis ini :
a. trend stiker tidak pernah hilang karenaberbagai macam bentuk dan manfaatnya
b. banyaknya jenis stiker yang ada di pasaran
c. harga stiker tidak terlalu tinggi / sesuai kantong pelajar
d. cara membawanya gampang karena stiker itu ringan dan praktis.

• Pernak – pernik

Berbagai kalangan pasti menyukai pernak – pernik, khususnya perempuan.
Berikut contohnya;
a. kalung
b. gelang
c. anting – anting
d. aksesoris rambut
e. karet rambut
f. jepit rambut
g. jepit selip
h. jepitan tip – top
i. pita
j. karet disko
k. bando
l. handband
m. pin
n. bros

• Kerajinan
Kita bisa menggunakan barang – barang bekas untuk menciptakan sesuatu yang bersifat komersial.

Berikut adalah beberapa contoh kerajinan yang bisa kita buat ;
a. cetak nama
( cetak nama di liontin, cincin )
b. bingkai foto
c. boneka
d. kotak kado
e. bunga dari kain perca
f. miniatur kayu

• distributor

beberapa ide bisnis distribusi yang bisa menjadi inspirasi bagi kita ;
a. tas
b. kosmetik
c. mug

• les privat

• Penulis
Profesi menulis bisa memiliki banyak keuntungan, selain menambah pengalaman dan keuntungan. Ilmu yang di dapat pun akan bertambah, yang jelas kita akan mempunyai kecerdasan bahasa yang meningkat tapi tetap ada perjuangannya.
Mengembangkan bakat dan hobi menjadi sebuah bisnis adalah langkah yang tepat, Mulailah untuk menambah wawasanmu tentang dunia penulisan.

• Desainer

• Bisnis Online

• Berjualan makanan

• Berternak

Beberapa jenis hewan ternak yang cukup mempunyai daya jual di pasaran ;
a. ayam
b. kelinci
c. bebek
d. kambing
e. sapi

• Budi daya
Ada beberapa jenis budi daya yang bisa menjadi alternative bisnis kita, yaitu budi daya ikan hias dan tanaman hias .

a. ikan hias
b. ikan lele
c. jangkrik

berbagai macam budi daya untuk tanaman hias, contohnya
a. puring
b. aglonema
c. anthurium
d. anggrek
e. lidah mertua
f. tanaman jenis bonsai
g. tanaman holtikiltura ( tanaman untuk bahan pangan ; buah – buahan dan sayur – sayuran )
: ~ tomat, cabe, terong, selada, sawi, kacang panjang, kacang tanah, kecipir, dll.
h. tanaman obat

• bisnis pulsa

Kegagalan harus menjadi pemicu upaya untuk sukses kegagalan justru akan membuat orang sukses matang dalam berbagai hal sebagai bekal untuk sukses. Orang sukses berangkat dari pengalaman hidup yang berat dan pernah mengalami kegagalan, namun berhasil mengatasi kegagalan dengan tidak berputus asa.

Ada beberapa alasan yang membuat kegagalan tidak seharusnya menjadi sesuatu yang harus ditakuti. Berikut diantaranya ;

a. Kegagalan menciptakan pilihan – pilihan baru.

Kegagalan menjadi momen yang tepat bagi kita untuk merenungkan kembali tujuan awal kita, melihat di sekeliling, dan memutuskan alas an mengapa kita tidak boleh menyerah.

b. Kegagalan akan membawa kita ke sebuah jalan yang belum pernah kita temukan sebelumnya. Kreativitas dan ketajaman intuisi kita untuk menangkap peluang yang ada kian terasah.

c. Pintu yang baru akan terbuka. Hubungan kita dengan beberapa orang mungkin akan bertambah kuat, sebaliknya mungkin juga hubungan kita dengan beberapa orang lain menjadi renggang karena kegagalan yang kita derita. Namun saat inilah kita benar – benar dapat mengenali kawan terbaik kita dalam hidup kita.

d. Kegagalan dapat melatih kesabaran

* jangan memendam kekesalan atau kemarahan kita

* jangan berusaha mencari – cari hal – hal yang dijadikan alasan dari kegagalan
yang kita alami. Sekali saja kita menjadikan hal – hal tertentu sebagai alas an kegagalan kita, hal itu akan menjadi bagian dalam diri kita. Kita akan membawa alas an itu kemana pun kita pergi sehingga lama kelamaan akan meracuni diri kita sendiri.

e. Kegagalan merupakan sumber dari kreativitas
gagal justru akan mendorong kita menjadi lebih kreatif, berpikirlah layaknya anak kecil yang tidak terlalu muluk – muluk resiko atas tingkah laku yang mereka lakukan. Mereka jatuh, dimarahi dan menangis namun tak lama kemudian mereka bangkit lagi dan berlari dengan senyum lepas. Terkadang mereka buntu dalam menyelsaikan suatu permainan tetapi mereka dapat menemukan solusi baru. Semuanya itu menjadikan pikirannya kreatif.

f. Kegagalan akan mengoptimalkan potensi yang kita miliki.
Setiap orang memiliki potensi diri yang sangat besar dengan keunikannya masing – masing. Kita dapat mengetahui betapa besar potensi yang kita miliki hanya dengan keberanian menghadapi masalah, dan tidak ada jalan lain selain itu.

Kata – kata motivasi;

• Jika anda bisa memimpikannya, berarti anda bisa melakukannya ( Walt Disney )

• Hal terpenting dalam kehidupan adalah mencintai apa yang anda lakukan karena itu adalah satu – satunya cara agar anda mencapai hasil yang sangat baik dalam pekerjaan anda. ( Donald Trump )

• Setiap orang memiliki peluang sukses. Anda bisa menjadi apa pun yang anda inginkan di dalam hokum Tuhan dan manusia ( Dave Thomas )

 

 

NAMA: PATRICIA T. J. SIMATUPANG

NPM: 25210326

KELAS: 1EB11